Halo sobat UMKM!
Sudah tahu Aplikasi Kasir UMKM yang bisa memajukan usaha kamu?
Kalo belum, mimin bakalan memberikan informasi Aplikasi Kasir Berbasis Cloud ERP untuk UMKM di Indonesia seperti kamu.
Mau langsung coba?
Eitss … berbasis cloud ERP itu maksudnya gimana, ya?
Biar kamu ngga tambah penasaran, yuk kita simak!
Aplikasi Kasir Berbasis Cloud ERP
Tujuan kamu menggunakan aplikasi kasir tentu saja karena ingin mempermudah transaksi dan agar tokomu tampak lebih profesional, bukan?
Dengan meninggalkan nota yang ditulis ballpoint dan beralih ke nota yang dicetak oleh printer akan membuat kepercayaan pelanggan meningkat drastis.
Namun sayangnya, bisnis bukan soal Pencatatan Penjualan saja.
Bisnismu akan begitu-begitu saja jika tidak memperhatikan aspek penting lainnya. Seperti pembelian, biaya, arus kas, keuangan, karyawan hingga pelanggan.
YAZCORP.id paham, untuk memiliki aplikasi kasir yang dapat menunjang kesuksesan bisnis, kamu harus mengeluarkan biaya puluhan jutaan rupiah setiap bulannya.
Bahkan mungkin saja aplikasi kasir yang kamu gunakan saaat ini pun tidak dapat menunjang laporan stok dan keuanganmu. Sudah bayar mahal, tapi hanya bisa jadi mesin pencetak nota saja.
Tidak ada bedanya kamu menjalankan bisnis secara tradisional.
Bagaimana kamu bisa berkembang jika hanya punya aplikasi kasir yang tugas cuma mencetak nota saja?
Sedangkan Aplikasi Kasir Berbasis Cloud ERP YAZCORP.id merupakan sebuah sistem ERP. Jadi kamu bisa mengelola stok, cabang, karyawan, pembelian, kasir, penjualan, hutang piutang, laporan laba rugi. Dan masih banyak lagi. Kerennya kamu bisa mengelola seluruh kegiatan operasional toko dalam satu aplikasi.
SISTEM ERP Rahasia Perusahaan Besar Yang Maju
Sistem ERP bukanlah teknologi baru. Melainkan sudah ada puluhan tahun yang lalu.
Namun, Sistem ERP selain biayanya mahal, mulai dari puluhan hingga ratusan juta per pengguna.
Di sisi lain, Sistem ERP dirahasiakan oleh perusahaan besar agar UMKM sepertimu tidak mudah berkembang pesat dan menjadi pesaing mereka di kemudian hari.
Kamu pasti penasaran,
Baca Juga: Aplikasi Kasir Berbasis ERP Terbaik Di Indonesia 30 Fitur Utama Sukseskan Bisnismu
Mengapa Sistem ERP dirahasiakan?
Ada banyak alasan, beberapa diantaranya;
Sistem Bisnis Terpusat
Secara sederhana, Sistem ERP merupakan sebuah sistem yang di dalamnya terdapat sekumpulan software-software penting.
Bisnis yang tidak menggunakan sistem ERP setidaknya perlu membeli software kasir, software akuntansi, software gudang, software CRM dan software HRD. Sedangkan, perusahaan besar yang maju cukup menggunakan sistem ERP karena semua software dibutuhkan tersebut ada dalam satu sistem yang saling terintegrasi.
Sekarang bayangkan, kamu mengelola bisnis tanpa sistem ERP. Maka kamu harus membeli setidaknya 4 software berbeda dan harus mempekerjakan 4 staff dengan keahlian berbeda.
Selain biayanya mahal, prosesnya lama dan ribet.
Jika kamu ingin naik kelas, maka kamu perlu menggunakan sistem ERP. Cukup dengan satu staff kasir, semua laporan stok, laporan penjualan, laporan keuangan dan laporan kinerja staffmu otomatis direkap oleh sistem.
Data Disajikan Realtime
Time is money, begitu kata para pengusaha di belahan dunia barat.
Perbedaan mencolok antara perusahaan besar dan maju dengan UMKM di Indonesia adalah kecepatan waktu.
Disaat perusahaan besar dapat melihat laporan penjualan, laporan stok, laporan pembelian, laporan biaya, hingga laporan laba rugi pada hari ini, selama satu bulan, selama satu tahun bahkan selama 10 tahun dalam hitungan detik. UMKM Indonesia dapat mengetahuinya dalam hitungan satu minggu hingga satu bulan dengan proses perekapan yang ribet.
Efeknya, perusahaan besar dengan mudah mengambil keputusan strategis untuk meningkatkan penjualan, melakukan expansi atau melakukan efisiensi ketika terjadi sesuatu yang buruk.
Pengelolaan Keuangan Sistematis
Kamu akan selamanya akan menjadi UMKM jika keuangan usahamu buruk.
Jika saat ini kamu tidak dapat mengelola pemasukan dan pengeluaran maka aset bisnismu tidak akan bergerak, bahkan bisa cenderung minus karena kamu tidak bisa memastikan laba atau rugi.
Banyak yang berpikir bahwa dengan jualan yang banyak maka bisnisnya untung. Namun pada kenyataannya, biaya operasional tak terduga sering kali menjadi alasan pengusaha gulung tikar.
Perusahaan besar, akan menyiapkan sebuah anggaran biaya, mengontrol kesehatan bisnis, dan mengelola arus kas mereka. Karena mereka sudah memiliki sistem ERP.
Fitur Aplikasi UMKM Berbasis Cloud ERP
Aplikasi kasir UMKM YAZCORP.id menyediakan berbagai fitur penting agar UMKM sepertimu dapat maju menjadi sebuah perusahaan besar. Namun ada 11 fitur dasar yang akan kami bedah di artikel ini. Bukan tanpa alasan, 11 fitur ini adalah essential bisnis yang menjadi pondasi utama setiap perusahaan besar.
Berikut diantaranya:
1. Manajemen Cabang
Kamu dapat mengelola semua cabang kamu di Aplikasi Kasir UMKM YAZCORP.id. Semua data laporan stok, pembelian, penjualan, biaya, hutang piutang hingga laba rugi di seluruh cabang bisa kamu kelola hanya dalam satu sistem.
2. Manajemen Stok
Tidak ada lagi istilah ribet ngurus stok. Bersama Aplikasi Kasir UMKM YAZCORP.id Kamu bisa melihat berapa banyak stok yang tersisa, melakukan transfer stok antar cabang, melihat riwayat pergerakan stok, mengelola nomor lot, mengelola masa kadaluwarsa, bahkan mengeloal produksi, jika kamu memiliki ruang produksi.
Dengan adanya manajemen stok yang lengkap, kamu bisa mengelola tingkatan harga yang berbeda, mengatur banyak varian, hingga mengelola limbah produksi kamu. Alhasil, HPP yang kamu tentukan lebih akurat 90% dari aplikasi kasir lain.
3. Manajemen Pembelian
Di dalam Aplikasi Kasir UMKM YAZCORP.id, kamu bisa mengelola pembelian stok produk. Kata yang sederhana namun begitu vital keberadaannya. Banyak sekali UMKM yang meremehkan hal satu ini. Padahal, dalam sebuah pembelian ada proses pengiriman, perbedaan modal yang berubah tanpa bisa direncanakan, hingga adanya resiko kerusakan produk saat pengiriman.
Kamu dapat mengatur termin disetiap pembelian, mengelola hutang kepada supplier, melakukan retur hingga mengatur tanggal kadaluwarsa dan informasi penting lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan usaha kamu.
4.Manajemen Kasir & Penjualan
Apakah kamu sudah mengetahui bahwa Kasir dan Penjualan adalah dua hal yang berbeda.
Sama-sama menjual produk namun memiliki mekanisme yang berbeda.
Kasir ditujukan untuk transaksi penjualan yang cepat atau Walk In. Biasanya ada pada bisnis restoran dan retail.
Sedangkan penjualan merupakan transaksi yang lebih kompleks. Misalnya pada bisnis grosir.
Namun, sebagai UMKM apakah kamu sadar, bahwa dengan perbedaan mekanisme ini menciptakan gap yang besar?
Secara gamblang sebagai UMKM kamu menggunakan Kasir, dan kamu sangat bergantung terhadap grosir yang menerapkan mekanisme penjualan. Artinya level bisnis di atasmu memiliki sistem yang lebih tersistematis.
Ya, mereka membangun big data, sementara kamu tidak tahu siapa saja pelangganmu.
Bagaiman jika ada Kasir yang sama-sama dapat melakuakn transaksi secara cepat namun memiliki fitur inti dalam mekanisme penjualan?
Tentu kamu akan memiliki big data, database pelanggan yang besar yang akan menjadi aset berhargamu.
5. Manajemen Hutang Piutang
Hutang dan Piutang harus bisa tercatatat dan terkelola dengan baik. Jika tidak? Bisnismu akan gagal membayar hutang dan piutang pelangganmu bisa gagal bayar! Apalagi kalau kamu tidak bisa menetapkan batas kredit piutang, alhasil cashflow usahamu akan berantakan.
Dalam merekap hutang piutang memang melelahkan. Kamu perlu benar-benar memisahkan arus kas pembayaran satu persatu. Mana saja transaksi lunas dan mana saja pembayaran hutang piutang.
Namun dengan Aplikasi Kasir UMKM YAZCORP.id kamu bisa mencatatnya secara otomatis.
Pengelolaan menjadi lebih mudah, sebab kamu bisa memberikan batas kredit pelanggan, selain itu hutang piutang akan terintegrasi dengan transaksi pembelian dan penjualannya masing-masing. Kamu tidak akan repot lagi dalam mengelola mana saja transaksi pembelian atau penjualan yang pembayaran berbentuk hutang piutang.
Selain itu, dalam Aplikasi Kasir UMKM YAZCORP.id ketika hutang piutang sudah jatuh tempo akan muncul peringatannya. Kamu bisa menginput pembayaran kapan saja jika urusan hutang piutang sudah mendapatkan pembayaran.
6. Manajemen Dapur & Pesanan (Untuk restoran)
Pernahkah kamu ke restoran cepat saji seperti McD, Reeches Factory atau KFC?
Kamu pasti pernah melihat dapur mereka yang memiliki setidaknya satu layar yang dioperasikan oleh kepala dapur.
Layar tersebut menampilkan sebuah manajemen dapur restoran. Dimana staff dapur mengelola pesanan yang harus dimasak dan sudah dimasak, yang nantinya waiters dapat mengetahui kapan mereka harus mengantarnya ke meja pelanggan.
Hal ini efektif terutama pada jam-jam sibuk, sebab banyaknya antrian bisa membuat pengelolaan pesanan jadi berantakan.
Dalam Aplikasi Kasir UMKM YAZCORP.id, kamu bisa mengelola dapur restoran kamu. Ketika kasir membuat sebuah pesanan maka pesanan tersebut bisa dikirim ke dapur, dan bisa menentukan chef maupun waiters yang mengantarkannya.
7. Manajemen Service (Untuk bengkel dan service)
Satu-satunya di Indonesia Aplikasi Kasir yang dilengkapi dengan manajemen service.
Fitur ini akan sangat dibutuhkan untuk usaha bengkel atau service elektronik. Seperti service handphone, service laptop, service AC, dan service elektronik lainnya.
Di dalam manajemen service, kamu bisa mudah dalam mengelola berbagai status service pelanggan, mengelola perangkat, mencetak work order, mencatat ceklis pemeriksaan, keadaan perangkat, IMIE, PIN dan Password, Nomor Polisi, Nomor Rangka, mencetak label pada perangkat. Dan yang paling penting adalah proses perbaikan dapat dilacak secara online.
Banyak hal yang bisa kamu kelola dalam fitur manajemen service, namun yang pasti kamu tidak akan pernah menemukan software kasir service yang lebih lengkap dari YAZCORP.id
Baca Juga: Aplikasi Kasir Service Hp Terbaik Di Indonesia
8. Manajemen Keuangan
Ilmu keuangan memang sangatlah mahal. Makanya staff keuangan dan akuntansi memiliki range gaji yang tinggi.
Tapi untuk UMKM sepertimu tentu saja merekrut staff keuangan dan akuntansi akan sangat membebani biaya operasional.
Kamu bisa memiliki staff keuangan digital, dimana setiap pemasukan dan pengeluaran atau yang disebut cashflow dikelola secara otomatis.
Gimana, menarik bukan?
Aplikasi Kasir UMKM YAZCORP.id dilengkapi dengan pengelolaan arus kas, jadi kamu bisa menetapkan setiap pembayaran dengan akun kas tertentu.
Misalnya untuk kas penjualan, kas biaya operasional dan kas pemilik. Pengelolaan arus kas bisa dilakukan otomatis maupun manual.
Kamu juga bisa melakukan deposit dan transfer dana antar akun kas, hasilnya kamu dapat melihat neraca keuangan, neraca saldo, dan laporan arus kas.
9. Manajemen Biaya
Untung mendapatkan laporan laba rugi seakurat mungkin, maka pengelolaan biaya haruslah tepat.
Dengan Aplikasi Kasir UMKM YAZCORP.id kamu bisa lho menetapkan berbagai jenis biaya yang sering kamu keluarkan.
Contohnya: Listrik PLN, PDAM, Biaya Pengiriman, Biaya Transportasi dan lain-lain
Dengan pengelolaan biaya yang tepat, kamu bisa mendapatkan gambaran kesehatan bisnis yang akurat.
10. Manajemen Karyawan
Zaman sekarang kamu belum memiliki sistem yang dapat mengelola karyawan?
Padahal, pengelolaan SDM sangatlah penting.
Dalam Aplikasi Kasir UMKM YAZCORP.id kamu bisa mengelola target penjualan, absensi karyawan, shifting, cuti, hingga penggajian.
Tentu saja, dalam urusan cuti dan liburan, karyawan hanya bisa mengajukan, approvalnya dari kamu atau staff yang diberikan akses untuk approval.
Oiya, untuk pengelolaan target penjualan akan dilakukan perekapan secara otomatis. Target penjualan cocok ditetapkan untuk kasir atau tenaga penjualan.
11. Manajemen Laporan
Coba tebak, ada berapa laporan dalam Aplikasi Kasir UMKM YAZCORP.id?
Jawabannya lebih dari 100 laporan bisa kamu terima. Hebatnya lagi semuanya dilakukan secara otomatis.
Bayangkan, kalo kamu tidak menggunakan sistem yang tepat. Berapa banyak karyawan dan waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan laporan-laporan yang penting untuk usahamu?
Masing-masing laporan bisa kamu akses disetiap menu yang ada, atau kamu juga bisa mengakses laporan utama di menu laporan yang berisikan:
- Laporan Laba / Rugi
- Pembelian & Penjualan
- Laporan Pajak
- Laporan Supplier & Pelanggan
- Laporan Grup Pelanggan
- Laporan Stok
- Laporan Penyesuaian Stok
- Produk Terlaris
- Laporan Item
- Laporan Pembelian Produk
- Laporan Penjualan Produk
- Laporan Pembayaran Pembelian
- Laporan Pembayaran Penjualan
- Laporan Biaya
- Laporan Kasir
- Laporan Sales Representative
- Laporan Meja
- Laporan Staf Layanan
- Log aktivitas
Gimana? Laporan utama saja sudah lengkap bukan.